Kenali Kecerdasan Multipel Anda! Seimbangkan Kinerja Otak Kanan dan Otak Kiri

Gambar Berita Utama

Ditulis oleh Destila | 09 December 2010 09:23 WIB

Bagi para job seekers, tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya Tes Psikologi. Tes Psikologi dengan berbagai macam jenis dan variannya, ibarat hidangan sarapan dalam tes seleksi penerimaan karyawan perusahaan sebelum melanjutkan ke menu utama yang paling menentukan yaitu tes wawancara (interview).

Bagi para job seekers yang pernah menerima kegagalan dalam tes psikologi atau tes wawancara, jangan lantas menyerah dan menganggap rangkaian tes psikologi dan tes wawancara sebagai ’momok’ yang menakutkan. Kuncinya adalah kenali Kecerdasan Multipel Anda, demi mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

Soal-soal rumit dalam tes psikologi atau tes wawancara, sebenarnya hanya sebagai instrument untuk mengukur jenis dan tingkat kecerdasan Anda. Tapi Anda perlu ingat! bahwa bentuk kecerdasan tidak hanya satu macam saja. Bisa jadi Anda termasuk tipe orang yang dengan mudah menyelesaikan soal-soal deret angka matematis, akan tetapi cukup pusing dalam merangkai kalimat. Hal itu tidaklah aneh, karena sangat jarang ditemui seorang manusia yang ‘super’ berbakat di semua bidang.
Teori Kecerdasan Multipel (Multiple Intelegent Theory) yang dikembangkan oleh Howard Gardner mengungkapkan bahwa setiap manusia mempunyai kecerdasan yang berbeda-beda dengan tingkat yang bervariasi pula. Karenanya setiap orang mempunyai profil kognitif yang berbeda-beda. Ada 8 (delapan) bentuk kecerdasan dalam Kecerdasan Multipel, sebagai berikut :
1.Verbal-Linguistik
Adalah kemampuan bahasa, untuk merangkai kata, kalimat, dan bercerita/ bertutur baik tulis maupun lisan (oral) .
2.Logika-Matematika
Adalah kemampuan memecahkan masalah dengan menggunakan logika matematika, kecerdasan yang tinggi terhadap angka, data statistik, dan hitungan matematis.
3.Visual-Spatial
Adalah kemampuan untuk berpikir secara tiga dimensi dan stereometris, bakat yang kuat atas bidang dan ruang.
4.Bodily-Kinesthetic
Adalah keterampilan dan kemampuan akan gerak tubuh, tarian, dan bakat olahraga.
5.Music
Adalah kemampuan berekspresi dengan bunyi, nada, irama, lagu, dan musik. Bakat yang kuat akan keindahan estetis suara.
6.Intrapersonal
Adalah kemampuan untuk memahami dan mengendalikan diri sendiri, keterampilan personal untuk berinstrospeksi diri.
7.Interpersonal
Adalah kemampuan sosial untuk dapat memahami dan menyesuaikan diri dengan orang lain dan lingkungan sekitar, mancakup potensi individu dalam adaptasi, simpati, empati, dan teamwork (kerjasama).
8.Naturalist
Adalah kemampuan menikmati dan memanfaatkan alam dan lingkungan, bakat untuk mencintai dan belajar dari alam.
Untuk merangsang Kecerdasan Multipel, stimulasi yang dilakukan haruslah seimbang antara otak kiri dan otak kanan. Otak kiri yang sifatnya convergen (menyempit, menajam) bertugas mengatur logika matematika, rasional, tata bahasa, membaca, dan menulis. Sementara otak kanan yag sifatnya divergen (melebar, meluas) bekerja dalam mengatur imajinasi, kreativitas, daya seni, musik, nyanyian, irama, sosio-emosional, kerjasama, kepemimpinan, moral, dan juga sisi spiritual.

Kecerdasan Multipel (Multiple Intelegent) merupakan gabungan kerja sama antara otak kanan dan kiri. Untuk meningkatkan kinerja otak kanan maupun otak kiri, dapat ditempuh dengan mengkonsumsi nutrisi khususnya asupan protein. Selain itu berbagai instrument tes maupun permainan sudah banyak dikembangkan untuk memaksimalkan potensi otak kanan dan kiri Anda.

Nah tidak ada salahnya Anda mencoba melakukan tes pada diri sendiri. Kenali Kecerdasan Multipel Anda sejak dini, sehingga dapat terus diasah dan dikembangkan. Selamat  mencoba ! (Ayya)

Dikutip dari http://ecc.ft.ugm.ac.id/index.php?r=berita/detil&id=759

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s