Tips Mempercepat Tanaman Berbuah

Alangkah senangnya menyaksikan tanaman buah-buahan di halaman rumah tumbuh subur. Dalam benak Anda terbayang nikmatnya memetik buah-buah yang sudah matang saat panen kelak. Namun, apa jadinya jika harapan itu tak terwujud? Lima tahun lebih sama sekali tak ada tanda-tanda berbuah, bahkan berbunga pun tidak. Yang tumbuh subur hanya daunnya. Segala saran sudah Anda ikuti, tapi tanaman itu tetap saja enggan berbuah. Nah, simak tips berikut:

1. Lukai batangnya untuk memutuskan jaringan phloem sehingga aliran karbohidrat dari tajuk pohon (daun) ke bagian perakaran berhenti, sehingga pohon terangsang untuk berbunga.
2. Beri pupuk dan fosfor tinggi untuk merangsang pembungaan dan pembuahan. Saat pemupukan sebaiknya dilakukan sebelum pukul 9 pagi, atau sekitar pukul 4-6 sore.
3. Beri hormon tumbuh. Caranya, encerkan hormon dalam air, lantas semprotkan pada daun. Penyemprotan sebaiknya dilakukan pada saat cuaca cerah.
4. Pangkas ranting dan daun agar sinar matahari dapat leluasa menggapai daun-daun, dan sirkulasi udara bisa merata ke seluruh tanaman.
5. Lengkungkan cabangnya, karena bunga-bunga akan sulit tumbuh di cabang yang kondisi tumbuhnya tegak lurus.
6. Rajin-rajinlah menyiram.

Sumber: NOVA

Dikutip dari http://www.klipingku.com/2011/02/tips-mempercepat-tanaman-berbuah/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s