Mengenali karakter bayi sejak usia 6 bulan

Sejak usia 6 bulan, ‘warna dasar’ kepribadian anak mulai dapat dikenali. Kategori umum antara lain: difficult babies (cenderung sulit), easy babies (mudah diatur dan beradaptasi), dan slow to warm up babies (memiliki sifat antara sulit dan mudah). Di antara kategori tersebut ada beberapa variasi sesuai keunikan anak. Apa saja tipe bayi Anda?

1. Si Kalem. Selalu terlihat tenang, tak banyak bersuara dan selalu terlihat happy di mana pun ia berada. Ia juga mudah tertidur saat dikeloni. Makan adalah saat paling menyennagkan bagi Anda, karena ia mudah saja melahap makanan tanpa rewel. Tak bebarti si kalem tidak pernah menangis, namun dengan sedikit bujukan ia mudah ditenangkan.

* Tantangan: Bayi tipe ini umumnya bukan anak yang berani mengambil risiko. Karenanya mereka relatif lebih lambat melewati tonggak-tonggak perkembangan fisik.
* Saran: Sabar jika anak menunjukkan perkembangan lebih lambat di banding bayi lain. Buat ia lebih aktif, misalnya dengan mengajaknya ke tempat-tempat bermain yang marangsang aktivitas fisik. Ajarkan berbagai permainan seru dan menantang.

2. Si Super Sensitif. Tahu apa yang diinginkan sehingga sering tampak mendapatkan keinginanya dengan cara rewel. Jika keinginannya tidak tercapai, ia terlihat kesal atau menangis terus menerus. Apalagi Anda tak memahami apa yang diinginkannya. Tampaknya bayi terkesan sensitif terhadap berbagai perubahan yang terjadi mendadak.

* Tantangan: Kerewelannya yang berlebihan membuat Anda lelah.
* Saran: Lebih peka memahami kebutuhannya. Bayi berhenti rewel saat ia merasa Anda memahami keinginannya. Hindarkan stimulasi berlebihan karena kelelahan membuatnya rewel. Biasakan dengan rutinitas pasti.

3. Si Penjelajah. Tak bisa diam sejak bangun tidur hingga menjelang tidurlagi. Hanya butuh waktu tidur siang yang singkat dan gampang rewelketika terlihat bosan. Tampak suka mencoba hal-hal baru, sepertimenjatuhkan mainan atau meraih berbagai benda di sekelilingnya.Gerakannya luar biasa dan keingintahuannya besar, umumnya bayi tipe inisecara fisik lebih cepat melewati tahapan perkembangan. Mencoba dudukatau melangkahkan kakinya lebih awal tanpa takut.

* Tantangan: Keingintahuannya yang besar bis ameningkatkan risiko celaka, misalnya memasukkan benda-benda kecil ke mulut atau menarik kabel listrik.
* Saran: Tingkatkan pengawasan dan singkirkan benda-benda yang menyebabkan kecelakaan.

4. Si Penggembira. Selalu terlihat gembira, berteriak-teriak antusias atau tertawa terkekh-kekeh. Sangat suka mencari perhatian orang-orang di sekitarnya. Mudah dekat dengan orang yang belum pernah dikenalnya, dan senang apabila berasa di tengah keluarga maupun anak-anak lain.

* Tantangan: Seakan-akan tidak bisa ‘hidup’ sendiri dan selalu butuh teman.
* Saran: Ajarkan bayi menyibukkan dirinya dengan aktivitas lebih tenang. Miasalny, mendengarkan musik atau menyibukkan diri dengan play matnya. Ajarkan bahwa ia dapat menyenangkan diri sendiri tanpa perlu kehadiran orang lain.

5. Si Tergantung. Sangat tergantung pada Anda atau orang yang mengasuhnya. Makan banyak saat berada di pangkuan Anda. Mudah rewel jika Anda tinggalkan sendiri, walau sebentar. Selalu butuh ditemani di mana pun berada. Tidur pun harus ditemani hingg amatanya benar-benar terpejam. Malu-malu bila diperkenalkan dengan orang lain, bahkan merasa terancam jika tiba-tiba Anda melepasnya bersama orang lain.

* Tantangan: Terlalu tergantung pada Anda.
* Saran: Ajarkan kemandirian, misalnya menitipkan pada nenek dan kakek, atau pengasuh. Dengan begitu ia dapat berpisah dari Anda. Biasakan ia berada di antara bermacam orang.

Dikutip dari http://www.ibudanbalita.com/diskusi/pertanyaan/16783/Apakah-bayi-Anda-cenderung-kalem-mudah-tersenyum-pendiam-atau-tidak-bisa-diam-selalu-sibuk-atau-sulit-diajak-beristirahat-Bisa-jadi-dia-termasuk-anak-yang-selalu-ingin-dipahami-dan-sensitif-atau-senang-mencari-perhatian.-Kepekaan-Anda-mengenali-keleb

One thought on “Mengenali karakter bayi sejak usia 6 bulan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s