Alasan Mengapa Manusia Menangis

Salah satu kegunaan air mata adalah untuk menjaga dan membersihkan mata kita. Tapi mengapa kita menangis saat sedih, sakit atau bahkan senang? Apa tujuan sebenarnya di balik tangisan ini? Ternyata ada banyak alasan mengapa manusia menangis. Berikut penjelasannya.

MENANGIS

alasan menangis

Jika Anda ditanya mengapa manusia bisa menangis, maka sebagian besar dari Anda akan menjawab karena ia sedang sedih atau kesakitan, beberapa lainnya menjawab ia terlalu senang (tangisan kebahagiaan). Jawaban ini tidaklah salah, karena menangis merupakan:

respon alami emosional terhadap perasaan tertentu, biasanya adalah karena sedih atau kesakitan. Tetapi terkadang seseorang dapat menangis karena alasan yang melebihi ini.

Yang akan kita bahas di sini adalah alasan lain ini. Sebelum kita membahas lebih lanjut dari alasan mengapa seseorang menangis, kita akan membahas mengenai 3 tipe air mata.

3 TIPE AIR MATA

Menurut asapScience, air mata (tear) kita ini dapat dibagi menjadi 3 jenis.

1. Basal tears

basal tears

Jika Anda memperhatikan mata Anda di kaca, Anda akan menyadari bahwa mata Anda selalu berair. Air ini sendiri biasanya tidak akan kita sebut sebagai air mata karena air ini hanya membasahi mata kita.

Ya, air inilah yang disebut basal tears. Air mata ini ditujukan untuk menjaga mata kita dari kekeringan dan ditujukan untuk melumasi mata kita.

2. Reflex tears

kucek mata

Pada saat Anda kelilipan, memotong bawang dan sejenisnya, mata Anda akan berair dan Anda akan berusaha untuk mengucek mata Anda. Air mata yang keluar sebagai hasil dari pengaruh eksternal inilah yang disebut sebagai reflex tears.

Reflex tears ini keluar pada saat mata kita mengalami iritasi atau gejala penyakit. Tujuan dari reflex tears ini adalah membersihkan mata kita dari benda-benda asing. Biasanya hal ini mengarah ke mata merah.

3. Emotional tears

emotional tears

Air mata emosional (Emotional tears) inilah yang kita kenal sebagai air mata umumnya, dimana keluar karena adanya pengaruh emosional seperti penjelasan mengenai ‘menangis’ di atas yang biasanya adalah perasaan sedih. Air mata emosional ini tidak sesederhana yang kita bayangkan. Penjelasan lebih lanjut di bawah.

AIR MATA EMOSIONAL KARENA SEDIH

Ditandai dengan mulut mulai gemetar, mata berkedip lebih banyak untuk mencegah air mata keluar dan tanda paling jelasnya adalah ekspresi marah dan sedih, yang kemudian mengarah ke keluarnya air mata dan dikenal dengan nama menangis.

Tapi apa sih alasan sebenarnya dari air mata ini? Air mata lainnya memiliki tujuan yang jelas seperti membasahi mata dan membersihkan mata. Tapi bagaimana dengan air mata ini?

EKSPERIMEN

eksperimen menangis dan tidak menangis

Sebuah eksperimen dilakukan kepada sekelompok orang. Diberikan dua gambar yang sama, dimana salah satu gambar berisikan orang yang sedang menangis, sedangkan satunya lagi bergambarkan orang yang sama, hanya saja air matanya dihilangkan. Gambar dengan air mata dikaitkan dengan kesedihan, sedangkan gambar tanpa air mata dikaitkan dengan kebingungan.

Eksperimen ini membuktikan bahwa air mata emosional ini berguna untuk menunjukkan bahwa seseorang sedang sedih.

TUJUAN SEBENARNYA

Sama seperti air mata lainnya, air mata emosional (emosional tears) juga memiliki tujuan. Berikut tujuan-tujuannya.

Sinyal

Seperti yang dijelaskan terkait eksperimen di atas, mengapa Anda bisa mengatakan seseorang sedang sedih? Inilah tujuan dari air mata ini. Air mata ini dapat memberitahukan orang-orang sekitar bahwa seseorang sedang benar-benar merasa sedih atau stres.

Air mata ini berguna sebagai sinyal bahwa orang itu sedang membutuhkan ketenangan, kasih sayang dan pastinya sebuah kebutuhan tertentu.

Komunikasi

Melalui 3 sinyal di atas, air mata ini dapat disimpulkan berguna untuk sebuah cara komunikasi yang akan mendekatkan diri Anda dengan orang-orang yang dekat dengan Anda. Pada akhirnya air mata ini akan bertujuan untuk meningkatkan tingkat ketahanan hidup Anda melalui pelepasan stres dan kebutuhan sosial.

Mengurangi Stres

Uniknya, air mata emosional (emosional tears) dan air mata refleks (reflex tears) memiliki tingkat komposisi yang berbeda. Sebagian besar air mata refleks berisikan air (H2O). Sedangkan air mata emosional berisikan sebuah hormon yang dikenal dengan nama Adrenocorticotropic Hormone (Hormon ACTH).

Hormon ACTH ini sering dikaitkan dengan tingkat stres biologis seseorang. Dan walaupun belum terbukti benar-benar secara aktual, melalui pelepasan hormon ini dengan air mata, maka dapat dikatakan secara tidak langsung seseorang berusaha mengurangi tingkat stresnya dengan menangis.

BAGAIMANA DENGAN AIR MATA BAHAGIA DAN PADA SAAT KESAKITAN

menangis bahagia

Air mata bahagia tidak jauh berbeda dengan air mata yang kita keluarkan pada saat kita sedang sedih atau air mata emosional ini. Air mata bahagia juga memiliki tujuan yang sama, dimana ditujukan untuk menunjukkan (sinyal) bahwa seseorang sedang bahagia dan dapat membuat ia lebih dekat dengan orang-orang yang dekat dengannya (komunikasi).

Sama halnya pada saat kita sedang kesakitan, air mata emosional adalah air mata yang keluar karena pengaruh eksternal seperti perasaan dan hal fisik. Oleh karena itu membutuhkan sebuah pemicu yang akan mengaktifkan kelenjar air mata kita, dan salah satunya adalah rasa sakit.

MENANGIS ITU UNIK HANYA UNTUK MANUSIA

menangis: gajah dan manusia

Semua mamalia memiliki kelenjar air mata yang berguna untuk mencegah iritasi mata dan membersihkan mata mereka dari debu dan sejenisnya. Tetapi menangis sebagai respon emosional merupakan hal yang unik, hanya untuk manusia.

Beberapa mengatakan bahwa gajah dikenal sering mengeluarkan air mata, tetapi kita tidak tahu dengan jelas keadaan pikirannya, apakah itu benar-benar ‘menangis’. Kita menyebutnya begitu karena muka mereka yang memang sudah terlihat sedih. Walaupun beberapa binatang terdengar seperti menangis, belum ada yang secara nyata membuktikan bahwa itu adalah respon emosional yang benar-benar sama seperti manusia.

Jadi sudah tahukah Anda alasan dari mengapa seseorang bisa menangis? Yaitu karena 3 alasan, mencegah iritasi mata (reflex tears), menjaga kekeringan mata (basal tears) dan karena kesedihan atau rasa sakit (emotional tears) yang dimana emotional tears memiliki arti yang lebih dalam.

Sumber : disini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s